Kamis, 22 April 2010

TANGGAPAN DAN SARAN MATA KULIAH SOFTSKILL

Tanggapan saya untuk mata kuliah dalam bentuk softskill ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang tidak di dapat dalam perkuliahan. Selain itu, setiap mahasiswa dapat mengembangkan kreativitasnya. Dan didalam mata kuliah softskill dosen memberikan tugas-tugas yang di kerjakan olah individu dan kelompok. Tugas yang dikerjakan oleh individu mahasiswa dituntut untuk dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing. Sehingga mahasiswa dapat belajar mandiri. Selain mahasiswa dapat belajar yang lebih mandiri, mahasiswa dapat mengetahui apa itu blog dan kegunaan dari blog, sehingga secara tidak langsung mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan di bidang IT.

Namun dari mata kuliah softskill ini juga terdapat kekurangannya. Diantaranya jarang adanya komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Itu dikarenakan dosen yang hanya hadir dalam satu bulan sekali. Itu dapat mengakibatkan mahasiswa kesulitan bertanya apabila ada kesulitan mengenai materi dalam bentuk softskill yang belum dimengerti. Selain itu karena jarangnya hadir dosen dalam perkuliahan masih ada mahasiswa yang tugasnya tidak dapat di lihat di studentsite. Karena masih ada mahasiswa yang belum mengetahui cara-cara memasukan tuliasannya di blog dan di studentsitenya.

Dan saran yang ingin sampaikan untuk mata kuliah softskill adalah dalam pertemuan perkuliahan untuk mata kuliah softskill sebaiknya jangan satu bulan sekali karena dapat merugikan mahasiswanya. Sebaiknya walaupun mata kuliah softskill di anjurkan untuk belajar mandiri tetapi akan lebih baik bila pertemuan untuk mata kuliah softskill ini tetap seperti mata kuliah wajib lainnya. Sehingga selain mahasiswa bisa belajar mandiri juga dapat masukan materi tambahan dari dosennya. Universitas Gunadarma telah menerapkan program untuk mata kuliah yang dalam bentuk softskill ini sangat baik sekali untuk mahasiswanya untuk lebih kreatif. Walaupun untuk mata kuliah softskill ini baru diterapkan tetapi sudah cukup bagus dan dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa. Dan saya berharap semoga program studi di Universitas Gunadarma baik dari sistem cara pengajaran maupun dari sistem mata kuliah yang diberikan dapat lebih ditingkatkan. Agar dapat memajukan mahasiswanya dan mejadikan Universitas yang unggulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar