1. Etika Utilitarianisme Dalam Bisnis
· Kriteria dan Prinsip Etika Utilitarianisme
· Nilai Positif Etika Utilitarianisme
· Utilitarianisme Sebagai Proses dan Standar Penilaian
· Analisa Keuntungan dan Kerugian
· Kelemahan Etika Utilitarianisme
2. Nilai Positif Etika Utilitarianisme
v Pertama, Rasionalitas.
v Kedua, Utilitarianisme sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral.
v Ketiga, Universalitas.
3. Langkah konkret yang perlu diambil dalam membuat kebijaksanaan bisnis , berkaitan dengan Analisis keuntungan dan kerugian :
• Mengumpulkan dan mempertimbangkan alternatif kebijaksanaan dan kegiatan bisnis sebanyak-banyaknya.
• Seluruh alternatif pilihan dalam analisis keuntungan dan kerugian, dinilai berdasarkan keuntungan yg menyangkut aspek-aspek moral.
• Analisis Neraca keuntungan dan kerugian perlu dipertimbangkan dalam kerangka jk panjang.
4. Kelemahan Etika Utilitarisme
v Pertama, manfaat merupakan konsep yg begitu luas shg dalam kenyataan praktis akan menimbulkan kesulitan yg tidak sedikit.
v Kedua, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius nilai suatu tindakan pd dirinya sendiri dan hanya memperhatikan nilai suatu tindakan sejauh berkaitan dg akibatnya.
v Ketiga, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius kemauan baik seseorang.
v Keempat, variabel yg dinilai tidak semuanya dpt dikualifikasi.
v Kelima, seandainya ketiga kriteria dari etika utilitarisme saling bertentangan, maka akan ada kesulitan dlam menentukan proiritas di antara ketiganya.
v Keenam, etika utilitarisme membenarkan hak kelompok minoritas tertentu dikorbankan demi kepentingan mayoritas.
Sumber :
1. Sumber dari: Keraf, A. Sonny. 2005. Etika Bisnis. Edisi Baru Cetakan Ke-9. Kanisius: Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar