Sabtu, 18 Desember 2010

BAB III ETIKA UTILITARIANISME DALAM BISNIS


1. Etika Utilitarianisme Dalam Bisnis

· Kriteria dan Prinsip Etika Utilitarianisme

· Nilai Positif Etika Utilitarianisme

· Utilitarianisme Sebagai Proses dan Standar Penilaian

· Analisa Keuntungan dan Kerugian

· Kelemahan Etika Utilitarianisme

2. Nilai Positif Etika Utilitarianisme

v Pertama, Rasionalitas.

v Kedua, Utilitarianisme sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral.

v Ketiga, Universalitas.

3. Langkah konkret yang perlu diambil dalam membuat kebijaksanaan bisnis , berkaitan dengan Analisis keuntungan dan kerugian :

Mengumpulkan dan mempertimbangkan alternatif kebijaksanaan dan kegiatan bisnis sebanyak-banyaknya.

Seluruh alternatif pilihan dalam analisis keuntungan dan kerugian, dinilai berdasarkan keuntungan yg menyangkut aspek-aspek moral.

Analisis Neraca keuntungan dan kerugian perlu dipertimbangkan dalam kerangka jk panjang.

4. Kelemahan Etika Utilitarisme

v Pertama, manfaat merupakan konsep yg begitu luas shg dalam kenyataan praktis akan menimbulkan kesulitan yg tidak sedikit.

v Kedua, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius nilai suatu tindakan pd dirinya sendiri dan hanya memperhatikan nilai suatu tindakan sejauh berkaitan dg akibatnya.

v Ketiga, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius kemauan baik seseorang.

v Keempat, variabel yg dinilai tidak semuanya dpt dikualifikasi.

v Kelima, seandainya ketiga kriteria dari etika utilitarisme saling bertentangan, maka akan ada kesulitan dlam menentukan proiritas di antara ketiganya.

v Keenam, etika utilitarisme membenarkan hak kelompok minoritas tertentu dikorbankan demi kepentingan mayoritas.

Sumber :

1. Sumber dari: Keraf, A. Sonny. 2005. Etika Bisnis. Edisi Baru Cetakan Ke-9. Kanisius: Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar