Sabtu, 18 Desember 2010

BAB IV TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN


1. Syarat bagi Tanggung Jawab Moral

· Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional.

· Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya.

· Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu.

2. Status Perusahaan

Terdapat dua pandangan (Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:

· Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hukum.

· Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif.

Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970).

3. Lingkup Tanggung jawab Sosial

· Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas.

· Keuntungan ekonomis.

4. Argumen yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan

· Tujuan utama Bisnis adalah Mengejar Keuntungan Sebesar-besarnya.

· Tujuan yang terbagi-bagi dan Harapan yang membingungkan.

· Biaya Keterlibatan Sosial.

· Kurangnya Tenaga Terampil di Bidang Kegiatan Sosial.

5. Argumen yang Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan

· Kebutuhan dan Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah.

· Terbatasnya Sumber Daya Alam.

· Lingkungan Sosial yang Lebih Baik.

· Perimbangan Tanggung Jawab dan Kekuasaan.

· Bisnis Mempunyai Sumber Daya yang Berguna.

· Keuntungan Jangka Panjang.

6. Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

· Prinsip utama dalam suatu organisasi profesional, termasuk perusahaan, adalah bahwa struktur mengikuti strategi.

· Artinya, struktur suatu organisasi didasarkan ditentukan oleh strategi dari organisasi atau perusahaan itu.

· Strategi yang diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial

Sumber :

1. Sumber dari: Keraf, A. Sonny. 2005. Etika Bisnis. Edisi Baru Cetakan Ke-9. Kanisius: Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar